7 Fenomena Alam Semesta Di Dunia

Pernahkah kita mengetahui, banyak fenomena alam yang merupakan peristiwa luar biasa di berbagai belahan bumi di dunia ini. Kejadian yang menyangkut campur tangan alam ini terkadang tidak sanggup diterima nalar, dan memang menyimpan rasa heran dan kagum yang sekaligus mengingatkan kita bahwa apapun bisa terjadi pada kehidupan kita di bumi ini.
Fenomena Alam

Seperti yang dikutip dari Blogging.co.id , bumi yang kita tempati saat ini berada pada sistem tata surya alam semesta, bagaimana mungkin bisa terbentuk dengan sendirinya. Begitu juga dengan 7 fenomena alam di dunia yang sangat menakjubkan berikut ini :

1. Badai Supercell

Angin yang bertiup kencang dengan sebutan Supercell ini sebenarnya merupakan kumpulan dari badai tornado yang lebih dari sekedar sel badai biasa dan terjadi begitu menyeramkan. Badai ini membentuk seperti gulungan sangat besar yang cenderung berputar dengan sangat cepat. Namun fenomena alam semesta yang luar biasa mengerikan ini termasuk sangat langka terjadi dan hanya bisa ditemukan pada kawasan Amerika Serikat saat musim semi.

Badai Supercell
2. Pasir terapung di atas Laut

Fenomena unik lainnya mungkin tidak terpikir, bagaimana mungkin pasir mengapung pada permukaan laut, tapi hal itulah yang terjadi di Laut Pasifik Selatan. Seorang bernama Maiken pertama kali melihat fenomena ini saat melakukan perjalanan yang ketika itu melihat pasir tersebut mengapung dan bergerak yang pada awalnya disangka sebagai daratan pantai. Dugaan sementara mengenai hamparan pasir tersebut, berasal dari batuan vulkanik karena semburan gunung api yang yang letaknya di tengah laut pasifik selatan, dimana saat itu sedang tampak mengeluarkan asap.
Pasir terapung di atas Laut
3. Ombak membeku

Gulungan ombak di pantai terlihat bergerak cepat dan kemudian hilang ketika sampai di pantai, namun apa jadinya jika melihat ombak membeku akibat dari rendahnya suhu pada waktu itu sehingga dianggap sebagai memicu pembekuan air, padahal seharusnya ombak laut mungkin bisa membeku saat musim dingin. Ombak beku di Air laut di Constanta tersebut menjadi pemandangan yang unik dan sangat indah.
Ombak membeku
4. Batuan columnar basalt

Columnar Basalt sebenarnya merupakan semacam formasi batu-batuan yang memiliki bentuk persegi dengan sempurna yang berada di pinggiran lautan. Tidak ada yang mengetahui bagaimana terbentuknya batuan basalt ini, sehingga hal inilah yang membuatnya berkesan misterius.
Batuan columnar basalt
5. Bumi Terbelah (Retak)

Fenomena alam didunia ini, berupa bumi yang terbelah tersebut tampak pada retakan yang terjadi pada kawasan seluas 900 kilometer itu terus memanjang serta semakin melebar dan telah mencapai lebar sepanjang 8 meter dalam 10 hari. Jika mengacu pada pergeseran yang umum terjadi, normalnya membutuhkan waktu sekitar 230 tahun agar retakan dapat mencapai ukuran lebar 8 meter. Pada gurun Afar di Ethiopia, Afrika ini adalah retakan yang terbesar di bumi dimana pada bagian bawahnya merupakan lempeng-lempeng Afrika dan Arab yang ternyata kini semakin menjauh dengan kecepatan 1-2 cm per tahun.
Bumi Terbelah (Retak)
6. Sundogs

Sundogs terbilang fenomena yang unik, karena terbentuk melalui alam yang berhubungan dengan kristal es di atmosfer. Sama seperti proses terjadinya pelangi yang terbakar ini, ini tampak seperti ada dua titik terang menyerupai matahari di langit sehingga tampak ada 3 matahari di langit.
Sundogs
7. Penitentes

Formasi pada lapisan es membentuk sesuatu yang keren dan biasanya terdapat di kawasan pegunungan yang bernama. Bidang-bidang es tersebut meruncing yang bisa mencapai ketinggian 4 meter. Banyak ditemukan pada kawasan pegunungan Andes seperti jarum-jarum es di hamparan pegunungan.
Penitentes
Fenomena Alam

Beberapa fenomena alam semesta di dunia yang pernah ada tersebut, memang memberikan rasa kekaguman yang sarat makna kehidupan. Bahwa dengan adanya fenomena alam tersebut, merupakan bukti keagungan dan kebesaran sang pencipta.

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan artikel di atas.

Terima Kasih