Ini Dia Lima Negara Pemasok Senjata Terbesar Di Dunia

(Foto : Google)
Lembaga perdamaian Swedia mengeluarkan data baru soal pengekspor senjata terbesar di dunia. Ada perubahan peta penguasa industri senjata di dunia.

Adalah Stockholm International Peace Research Institut (SIPRI) yang mengeluarkan data baru soal negara-negara penguasa industri senjata ini.

SIPRI mengeluarkan data 5 negara importir senjata terbesar di dunia pada 2008-2012 yaitu India (12% dari total impor senjata dunia), kedua China (6%), Pakistan (5%), Koreal Selatan (5%), dan Singapura (4%).

Berikut daftar lengkap negara eksportir atau pemasok senjata terbesar di dunia versi SIPRI yang dikutip dari Reuters, Senin (18/3/2013):

1. Amerika Serikat

Negara paman sam ini masih teratas sebagai pemasok senjata dunia. Bahkan pemasukan belanja alutsista ini membantu perekonomian negaranya secara signifikan.

2. Rusia

Negara beruang merah ini menduduki peringkat kedua pemasok senjata di dunia. Sejak 10 tahun terakhir, Rusia terus bersaing dengan AS sebagai negara pemasok senjata terbesar di dunia. Rusia menguasai 26% pangsa pasar pasokan senjata dunia sampai saat ini.

3. Jerman

Jerman menguasai 7% pangsa pasar pasokan senjata di dunia. Negara ini menjadi eksportir ketiga senjata di dunia sejak 2005 lalu. Menurut data SIPRI, Jerman di 2011 lalu pernah turun ke peringkat 4 karena produksi senjatanya turun, namun di 2012 kembali menduduki peringkat 3 pemasok senjata terbesar di dunia.

4. Prancis

Menurut data SIPRI, Prancis menguasai 6% pangsa pasar pasokan senjata di dunia. Prancis dan Jerman saling bersaing untuk menjadi pemasok senjata di peringkat 3 dan 4 dunia.

5. China

Negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini secara mengejutkan menggeser posisi Inggris sebagai pemasok senjata terbesar kelima di dunia pada tahun lalu. Sepanjang 2008-2012, nilai ekspor senjata China naik 162%, dibanding periode 5 tahun sebelumnya. Berbagai jenis persenjataan diekspor China, mulai dari helikopter, rudal, dan banyak lagi.

Penjualan senjata di China meningkat tajam dan bahkan kini mengungguli Inggris, di posisi lima besar dunia.

“China mengukuhkan dirinya sebagai pemasok senjata dan negara pembelinya semakin banyak,” ujar Paul Holtom, Direktur Arms Transfer Program di Sipri.

Artinya, porsi ekspor persenjataan China naik ke 5% dari 2%, dari jumlah total penjualan senjata dunia. Posisi negara ini naik dari peringkat kedelapan, menjadi negara penjual senjata terbesar kelima sedunia.

Pembeli terbesar senjata China adalah Pakistan, mencapai 55% dari seluruh ekspor negara itu. Di peringkat kedua adalah Myanmar dengan 8% dan diikuti Bangladesh dengan 7%.

2 komentar:

  1. Senjata pada dasarnya digunakan untuk ke amanan. dan demi keamaanan senjata ini diciptakan untuk membunuh. keren sekali.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan artikel di atas.

Terima Kasih