8 Fakta Unik Film STAR WARS


STAR WARS telah membuat perfilman Hollywood memasuki babak baru. Pasalnya selain menyajikan kisah yang unik dan fresh, STAR WARS memukau penonton dunia dengan teknologi grafisnya. Penonton di era 1977 pasti menganga melihat teknologi mutakhir yang digunakan untuk merampungkan filmnya.

Kini setiap tanggal 4 Mei, para penggemar STAR WARS di seluruh dunia memperingati setiap bentuk karya STAR WARS yang ada. Tanggal tersebut dipilih karena punya pengucapan yang mirip dengan salah satu dialog ikonik dalam filmnya, "May the FORce be with you". Memperingati Hari Star Wars sedunia, kami sajikan beberapa fakta unik dan mengejutkan dari saga film fiksi ilmiah paling populer ini. MAY 4 BE WITH YOU!


1. Setting ceritanya pernah diubah

Pada awalnya, sang sutradara George Lucas menuliskan di naskahnya bahwa setting cerita film ini adalah "Dulu kala di masa depan yang tak jauh dari masa kini". Namun, pemaparan setting tersebut dirasa oleh banyak pihak akan membuat penonton bingung. Oleh karenanya, Lucas Film akhirnya memutuskan untuk menggunakan kalimat "Dulu kala di sebuah galaksi yang jauh".

Kalimat tersebut dianggap lebih memudahkan penonton untuk mencerna kisah yang disajikan. Dengan keputusan tersebut, yang terlihat dalam running text pembukanya hingga saat ini adalah "Dulu kala di sebuah galaksi yang jauh".

2. Awal mula kata

Pada mulanya, Lucas memilih untuk menggunakan kata "Damned' sebagai sebutan mereka yang jatuh kepada kekuatan kegelapan di dalam cerita. Tak disangka, sebuah band dengan nama yang sama melakukan debutnya di Inggris pada tahun tersebut. Tak pelak Lucas harus mengganti kata tersebut dengan yang lain.

"Sith" akhirnya dipilih untuk menggantikan "Damned" dalam film STAR WARS dan seterusnya. Sejak kejadian ini, Lucas dikabarkan membenci semua band beraliran punk. Gara-gara band Damned sih...

3. Mereka yang berebut peran sebagai Putri Leia

Sebelum peran Putri Leia jatuh ke tangan Carrie Fisher, ada banyak aktris tenar yang direkomendasikan. Beberapa nama yang terdaftar antara lain Jane Fonda, Meryl Streep, dan Diana Ross.

Nama yang terakhir tentu menjadi yang paling disorot saat itu sebab ia berkulit hitam. Pada era tersebut, belum banyak tokoh utama dalam film yang memakai aktor atau aktris berkulit hitam.

4. Pemeran Hans Solo

Peran sebagai Han Solo awalnya ditawarkan kepada Jeff Goldblum muda. Sayangnya ia menolak peran tersebut dan lebih memilih untuk tampil dalam film ANNIE HALL karya Woody Allen.

Betapa menyesalnya Godblum saat tahu bahwa pilihannya tersebut salah. Bagian yang ia mainkan banyak dipotong selama proses editing, hingga menyisakan dirinya dengan kalimat pendek "Aku lupa mantraku" di akhir filmnya. Untung saja ANNIE HALL menang sebagai film terbaik Oscar kala itu. Paling tidak itu membuat Goldblum bisa sedikit tersenyum.

5. Hanya sutradara yang tahu

Salah satu twist terbaik dalam perfilman Hollywood adalah ketika tokoh antagonis utama, Darth Vader mengaku bahwa ia adalah ayah dari sang tokoh utama, Luke Skywalker.

Siapa yang menyangka bahwa skenario ini hanya diketahui oleh sang sutradara. Di naskahnya, hanya tertulis bahwa Luke adalah ayah dari dirinya sendiri. Hal tersebut jelas membingungkan pemain dan juga para kru. Setelah terungkap bahwa ada twist di dalamnya barulah banyak yang terkejut dan kagum dengan keputusan Lucas tersebut.

Pintar juga Lucas mengelabuhi banyak orang selama syuting sebelum akhirnya adegan ini diambil gambarnya.

6. Penundaan Syuting

Proses syuting film THE EMPIRE STRIKES BACK, bagian keduanya tercatat harus mengalami penundaan sekitar dua pekan. Apa sebabnya? Ternyata sang sutradara tak ingin melewatkan kompetisi selancar angin yang hanya di Australia.

Sudah jadi ritual rutin Lucas untuk menonton kompetisi tersebut sehingga ia benar-benar tak ingin melewatkannya.

7. Aktor cebol atau kontet?

Robot kecil R2D2 sebelumnya ditawarkan kepada aktor cebol karena kondisi tubuhnya yang pas. Tapi setelah 3 kali percobaan, para aktor cebol tersebut gagal lantaran mereka merasa kepanasan ketika berada di dalam kostum robot tersebut. Satu dari mereka bahkan nyaris mati karenanya.

Akhirnya pihak studio memilih aktor mini dengan alasan bahwa mereka lebih tahan panas terhadap kondisi kostumnya tersebut.

8. Insiprasi dari tokoh nyata

Yoda adalah salah satu tokoh penting dalam film STAR WARS. Ia adalah sosok guru bagi semua ksatria Jedi. Kebijaksanaannya serta kemampuannya dalam bela diri menjadikannya sebagai tokoh paling disegani oleh para Jedi.

Dalam menciptakan tokoh tersebut, ternyata Lucas terinspirasi dari sosok Dalai Lama.

Sumber : kapanlagi.com

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan artikel di atas.

Terima Kasih