Berbagai Macam Manfaat Berbuka Puasa Dengan Kurma

Kurma, adalah tanaman palma dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. lihat langsung di Wikipedia.


Buah Kurma Foto(google)
Berbuka puasa dengan kurma merupakan sunnah dari Nabi Muhammad SAW. Selain mendapatkan pahala, ternyata berbuka dengan kurma juga memiliki berbagai macam manfaat kesehatan yang ditemukan jauh setelah Nabi SAW melakukannya. Berikut kelebihan dari kurma.
  • Kurma mudah dicerna dan tidak membutuhkan banyak energi untuk mencernanya dalam perut sehingga mudah diserap.
  • Kurma mengurangi rasa lapar, sehingga membuat orang yang berbuka puasa tidak terlalu banyak makan dan terhindar dari penyakit pencernaan.
  • Kurma mempersiapkan pencernaan untuk menerima makanan setelah tidak aktif seharian dengan mengaktifkan produksi enzim-enzim pencernaan.
  • Kurma kaya akan energi dari gula sehingga tubuh mendapatkan glukosa untuk sel otak dan saraf dengan cepat.
  • Kurma melindungi orang yang berpuasa dari sembelit karena perubahan waktu makan selama puasa maupun karena kekurangan serat dalam makanan.
Apa yang direkomendasikan Nabi Muhammad SAW kepada kita berasal dari Allah SWT yang menciptakan tubuh kita, sehingga paling mengetahui apa yang terbaik untuk tubuh. Jika kita menirukan apa yang disunnahkan oleh Nabi SAW kepada kita, Insya Allah banyak manfaat dan kebaikan yang kita dapatkan.

2 komentar:

  1. memang kurma tiaada dua ya mas untuk bukaan dan sahur puasa, kalau saya tidak pernah ketinggalan tu yang namanya kurma :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy mas, saya pun gk ketinggalan untuk sedia kurma di bulan ramadhan,,

      hehe

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan artikel di atas.

Terima Kasih