4 Pemanis Pengganti (Gula Pasir) Alami

Cahya Creative | Agar kita terhindar dari penyakit degeneratif, ada baiknya kita mengganti gula pasir dengan pemanis alami lainnya. Sebab, mengonsumsi gula pasir secara berlebihan menyebabkan terjadinya penambahan berat badan, diabetes, dan penyakit jantung.

Berikut ini 5 pemanis alami yang cocok dicampurkan ke dalam minuman atau makanan yang dikonsumsi sebagai pengganti gula pasir, seperti dilasir Health liputan6 pada minggu (21/09/2014).

1.Madu

Gambar : Madu
Madu adalah pemanis alami yang mengandung banyak manfaat, seperti vitamin dan mineral. Madu bermanfaat mengurangi rasa cemas, dan mengobati gangguan pencernaan.  Madu juga cocok dicampurkan ke dalam adonan kue, atau semangkuk oatmeal yang biasa disantap di pagi hari. Madu bahkan dikatakan aman bagi penderita diabetes.

2.Avage Nektar
Gambar : Pohon Avage

Agave nektar merupakan ekstrak tanaman agave semacam tanaman kaktus yang mengandung indeks glikemik yang rendah. Namun, avage mengandung fruktosa yang cukup tinggi, mengkonsumsi agave harus penuh perhitungan, dan jangan berlebihan.

3.Gula Kelapa (gula merah)
Gambar : Gula Kelapa (gula merah)
Gula kelapa (gula merah) terbuat dari getah yang diekstrak dari pohon kelapa. Gula kelapa sama seperti gula merah, yang kerap digunakan di dalam adonan makanan penutup, Gula merah juga bisa di pakai sebagai pengganti gula pasir.

4.Sirup Maple (ekstrak getah pohon maple)
Gambar : Pohon Maple
Sirup maple diekstrak langsung dari getah pohon maple. Sirup maple mengandung zink, magnesium, dan zat besi, yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sirup maple juga mengandung antioksidan yang memiliki fungsi sebagai anti kanker, anti bakteri, dan anti diabetes.

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan artikel di atas.

Terima Kasih