7 Rumah dengan desain terunik di dunia

Rumah tinggal adalah tempat bernaung kita untuk berlindung dari segala gangguan cuaca serta berfungsi sebagai tempat kita beristirahat dan beraktifitas sehari-hari. Berbagai bentuk dan jenis rumah tinggal pun semakin bervariasi yang tergantung budaya dan tradisi setempat. Namun, kadang ada juga bangunan rumah yang memiliki keunikan karena bentuk bangunannya yang berbeda dengan yang biasanya. Dan berikut adalah ketujuh bangunan rumah dengan desain paling unik di dunia.

1. Crooked House ( Rumah bengkok ) Polandia

( Rumah bengkok )
Bentuk dan desain bangunan yang melengkung, menjadikan rumah ini sebagai salah satu bangunan unik yang terdapat di dunia. Bangunan yang selesai dibangun pada 2004 ini, terletak di Jalan Monte Cassino di Sopot, Polandia. Desain bangunannya sendiri dilakukan oleh Szotynscy & Zaleski yang terinspirasi dari cerita dongeng. Bangunan ini kini digunakan sebagai restoran, cafe dan toko.

2. Stone House ( Rumah batu ) Portugal
( Rumah batu )
Rumah batu ini berlokasi di Pegunungan Fafe di Portugal. terinspirasi oleh film kartun Flinstone, rumah unik ini dibangun antara dua batu raksasa. Seperti kebanyakan rumah kontemporer, bangunan ini juga memiliki pintu depan, atap dan jendela dengan diapit oleh batu raksasa yang memberi nuansa pra-sejarah.

3. Shoe House ( Rumah sepatu ) Afrika Selatan
( Rumah sepatu )
Rumah sepatu yang berlokasi di Mpumalanga, Afrika Selatan ini dibangun oleh seorang seniman dan pengusaha, Ron Van Zyl, yang pada awalnya dibangun untuk istri tercintanya pada tahun 1990.Sekarang bangunan ini menjadi bagian dari komplek wisata di Afrika Selatan yang termasuk didalamya adalah restoran, delapan kamar guest house, kolam renang dan taman.

4. Cubic house ( Rumah kubik ) Belanda
( Rumah kubik )
Rumah kubik adalah kawasan perumahan inovatif yang dibangun di Rotterdam dan Helmond di Belanda. Dirancang oleh arsitek Piet Blom berdasarkan konsep “living as urban roof” yaitu yang disesuaikan dengan kondisi perkotaan yang padat.

5. Ketel house ( Rumah ketel ) Texas
( Rumah ketel )
Selama lebih dari setengah abad banyak rumor, mitos dan kisah-kisah dibalik bangunan rumah yang berbentuk seperti ketel ini. Rumah ketel yang terletak di 1410 Mirimar Drive, Galveston, Texas ini telah berada sejak tahun 1950-an, dan hebatnya lagi bangunan ini telah beberapa kali selamat dari amukan topan dan badai yang beberapa kali menerpa daerah ini selama lebih dari 50 tahun.

6. Dome house ( Rumah Dome ) Yogyakarta
( Rumah Dome )
Rumah dome terletak di dusun Nglepen, Desa Sumberharjo Prambanan, Sleman Yogyakarta. Rumah unik ini merupakan bantuan dari NGO ketika Yogya ditimpa musibah gempa bumu. Di wilayah ini terdapat 80 bangunan dengan desain rumah dome yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti musholla, rumah sakit dan balai desa. Bangunan ini juga diyakini merupakan bangunan tahan gempa pertama di Indonesia, selain itu mampu menahan terpaan angin hingga berkepatan 450km/jam.

7. COB house ( Rumah cob ) Canada
( Rumah cob )
Rumah cob Rumah yang dibangun dengan menggunaka bahan alami dari tanah laiat, pasir dan air ini memang cukup unik. Pembuatannya menjadi inspirasi banyak orang yang ingin membangun rumah tinggal sederhana yang dengan bahan alami. COb house banyak ditemukan di wilayah Vancouver, Canada dan uniknya banyak warga setempat yang masih menggunakan rumah berbahan lumpur ini.

Sumber : simmot

6 komentar:

  1. benar2 super unik mas hahaha,, keren2 semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy mbak Leony li keren rumahnya semua..

      saya suka yg no 1 tuh mbak menurut saya paling keren :) dan kece :d

      Delete
  2. gilan bener yang nomor 1 gan "Crooked House ( Rumah bengkok ) Polandia" gimana cara buatnya tuh :D :-s

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg jelas gan arsiteknya jenius lah pokoke :) ,

      thanks kunjungannya gan.

      Delete
  3. itu gambar rumah pertama memang seperti itu desainnya ya mas, kayak mau tumbang :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan artikel di atas.

Terima Kasih