Lima Fakta Menarik Tentang Android


Android memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Kecanggihan teknologi yang demikian pesat memaksa perusahaan pengembang piranti lunak untuk terus berinovasi. Salah satu bukti kecanggihan teknologi saat ini adalah lahirnya Android. Android sendiri merupakan operating system yang design utamanya ditujukan untuk touchscreen mobile devices seperti Smartphone dan tablet komputer. Untuk pengguna Android fakta-fakta menarik berikut bisa jadi belum kamu ketahui. Bagaimana Android memulai projectnya?, Apa yang membuat mereka lari sendirian ditengah persaingan teknologi yang kian crowded?, Terus, siapa pengguna Android terbesar saat ini? Simpan dulu pertanyaan-pertanyaan tersebut. Karena saya telah merangkum jawabannya.

Berikut Lima Fakta Menarik Tentang Android :

1. Android Bukan Diciptakan Oleh Google

Ya, Google bukanlah creator OS Android. Faktanya, Android dikembangkan oleh perusahaan Android Inc di Palo Alto, California. Perusahaan ini didirikan pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Niat awalnya mengembangkan sebuah operating system untuk kamera digital. Namun, ketika sadar bahwa pasar kamera digital tidak cukup besar maka mereka beralih ke sistem operasi smartphone untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile (Apple iPhone belum dirilis pada saat itu). Pada tahun yang sama, Andy Rubin kehabisan uang. Pada 17 Agustus 2005, Google mengakuisisi Android Inc. Setelah proses akuisisi, Google tetap mempertahankan karyawan kunci dari Android Inc, termasuk Rubin, Miner dan White. Semenjak saat itulah Andorid berkembang pesat dan mengembangkan platform perangkat mobilenya.

2. Sistem Operasi Android dikembangkan dari Linux

Basic sistem operasi Android dikembangkan dari kernel Linux. Google telah membuat banyak sekali perubahan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar sehingga Android telah melampaui dasar asli dari kernel Linux. Dan tahukah kamu bahwa ketika pertama kali dikembangkan oleh Android Inc ada dua update yaitu 1.0 Astro dan 1.1 Bender. Dibawah manajemen Google, setiap kali Android melakukan update mereka menamainya dengan nama makanan pencuci mulut atau cemilan gula yang terdengar unik. Sebagai contoh Android 1.5 Cupcake kemudian diikuti update berikutnya 1.6 Donut. Versi terbaru adalah 4.4 KitKat, yang dirilis pada 31 Oktober 2013

3. Android adalah Open Source

OS Android adalah open source software dimana Google merilis kodenya di bawah Lisensi Apache. Android Open Source Project (AOSP) kode open source yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi dan mendistribusikan secara bebas. Android juga memiliki komunitas pengembang aplikasi (apps) yang semakin memperluas fungsionalitas perangkat. Inilah yang membuat Android berkembang jauh lebih pesat dibanding kompetitornya. Pada bulan Oktober 2012, ada sekitar 700.000 aplikasi yang tersedia untuk Android dan sekitar 25 juta aplikasi telah diunduh dari Google Play, toko aplikasi utama Android. Pada sebuah survey bulan April-Mei 2013 menemukan fakta baru bahwa Android adalah platform paling populer bagi para pengembang dan telah digunakan oleh 71% pengembang aplikasi seluler.

4. Ponsel Android Pertama adalah HTC Dream

HTC Dream adalah ponsel pertama yang menggunakan OS Android. Ponsel yang diproduksi oleh HTC ini menggunakan Android versi 1.0 yang dirilis pertama kali pada tanggal 23 September 2008. Sekarang Android telah beroperasi pada sekitar 109 ponsel yang berbeda, 80 tablet dan 6 eReaders yang banyak menggunakan sistem operasi ini jika dibandingkan dengan iPhone 5, iPod 4 dan iPad 3 yang berjalan di iOS .

5. Pengguna Laki-laki lebih banyak dari Perempuan

Secara demografis, pengguna Android di Amerika lebih banyak laki-laki daripada perempuan. Menurut data dari eMarketer yang dirilis pada Mei 2013, prosentasenya adalah laki-laki 31% sedangkan perempuan 26%. Pengguna terbanyak berusia muda yaitu 18-24 tahun sebesar 43% dan usia 25-34 sebesar 40%. Pengguna Android menggunakan ponsel mereka lebih dari sekedar SMS dan telepon. Sekitar 34% dari waktu mereka dihabiskan untuk cek email dan 21% bermain game. Dan game Angry Birds menduduki posisi teratas.

Sumber : 5Fakta

2 komentar:

  1. banyak yang salah kaprah dikiranya android produk googe :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy mbak banyak yg salah kaprah...

      saya saja sempat mengira bahwa android produk dari google :)

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan artikel di atas.

Terima Kasih