Kristal Raksasa Menjulang bak Pohon Pinus

Giant Crystal Cave, Meksiko-tourismontheedge

Giant Crystal Cave, Meksiko
Gua selalu identik dengan bebatuan serta tebing terjal nan curam. Berbeda dari gua ini, di dalamnya Anda justru akan melihat ratusan kristal raksasa menjulang bak pohon pinus di tengah hutan.

Bermacam kristal raksasa ditemukan di dalam sebuah kawasan penambangan di selatan Chihuahua, Meksiko. Kristal ini terbentuk secara alami yang dibatasi dengan bedcrock.

Kristal setinggi pohon pinus ini memiliki warna perak dan emas dengan bentuk yang cukup bervariasi. Kristal raksasa ini berada di bawah permukaan sedalam 300 meter. Ruang utamanya berisi kristal selenite terbesar di dunia, beberapa di antaranya berukuran 11 meter dan 4 meter, dengan 55 ton beratnya.

Kondisi di tempat ini cukup ekstrem, dengan suhu 58 derajat Celsius disertai kelembaban yang cukup tinggi. Sangat berbahaya bagi mereka yang datang ke tempat ini tanpa peralatan lengkap. Naica merupakan salah satu kota kecil di Meksiko. Di sini memang terdapat kawasan penambangan milik industrialis Penoles, sebuah perusahaan tambang terbesar di Meksiko yang menambang seng, timah, serta perak.