Tuesday, October 29, 2013

Menyelusuri Sungai dari Gua Bawah Tanah

Škocjan Caves, Slovenia  (Foto: tourismontheedge)

Škocjan Caves, Slovenia
Gua ini sungguh sangat menakjubkan! Ya, begitulah kesan orang ketika pertama kali mendarat di kawasan ini. Gua Škocjan merupakan fenomena bawah tanah di kawasan paling penting di Slovenia.

Dengan panjangnya yang hanya 6 kilometer menjadikannya sangat unik. Pasalnya, di dalam sini terdapat banyak gua bawah tanah lain serta jembatan yang menghubungkannya. Lebar dari gua ini hanya 100 meter dengan tinggi 110 meter. Tak hanya itu, pemandangan lain seperti stalaktit yang indah dapat ditemukan di sini.

Gua ini terjadi akibat tenggelamnya Sungai Reka beratus-ratus tahun lalu. Awalnya, sungai ini terdapat di permukaan, namun lama-kelamaan menghilang di bawah tanah. Uniknya, ternyata di tempat tersebut terdapat sebuah jalan tembus dengan melalui gua-gua yang ada di dalam sini.

Sungai ini masih terus mengalir di sepanjang jurang bawah tanah lalu masuk ke dalam terowongan Hanke. Panjang terowongan sekira 3.500 meter dengan lebar 10-60 meter serta tingginya mencapai 140 meter.

Sebelum masuk, pemandu wisata akan meberikan penjelasan mengenai jalur yang akan dilalui serta daerah mana saja yang boleh diambil gambar maupun tidak, ditakutkan akan merusak stalaktit berusia ribuan tahun di tempat ini. Penerangannya juga sangat minim, hanya ada lampu-lampu kecil.

Untuk mengelilingi gua ini diperlukan waktu sekira 1 jam dengan berjalan kaki. Meski cukup luas, tidak semua daerah ini dibuka untuk wisatawan mengingat faktor keselamatan para wisatawan. Hal inilah yang kemudian membuat Gua Skocjan dimasukkan ke kategori Alam serta Warisan Budaya pada 1986 oleh UNESCO. Hingga kini, pengawasan gua dilakukan oleh Pemerintah Slovenia.